Memaafkan.

Memaafkan . Kata yang paling sering terdengar. Tapi seringkah kita melakukan?
Memaafkan merupakan cara yang ampuh untuk mengijhlaskan. terkadang kita sulit untuk memaafkan suatu hal yang menurut kita menyakitkan. bahkan ketika seseorang meminta maaf belum tentu kita bisa memaafkan. terkadang kita pun rela bermusuhan. sebenarnya semua itu karena gengsi. gengsi yang membuat kita sulit untuk memaafkan orang lain. Bukan manusia jika tanpa gengsi. Manusia mempunyai gengsi yang sangat tinggi. dan manusia juga susah untuk mengendalikan rasa gengsinya sendiri. apa artinya sebuah kegengsian yang memilih untuk bermusuhan jika ada jalan yang baik yaitu memaafkan? seberapa besar gengsi anda? manusia pasti akan saling membutuhkan. jika suatu saat anda membutuhkan sseorang yang tidak anda maafkan, apa yang akan anda lakukan? apa anda akan tetap bertahan pada sebuah rasa gengsi yang mengendalikan pikiran anda? atau anda berusaha mengesampingkan rasa gengsi yang tidak artinya dan mendatangi orang tersebut untuk meminta maaf kembali? itu pilihan anda. mungkin berat untuk anda yang lagi-lagi lebih mengutamakan gengsi :)
sekarang gini deh . apa manfaat dari sebuah permusuhan? apa yang bisa anda banggakan ketika anda tak memaafkan orang lain? agar anda terlihat hebat. agar anda terlihat ditakuti. agar anda terlihat memiliki kekuasaan dengan tidak memafkan orang lain dan orang tersebut akan terus meminta maaf pada anda sampai anda mau memaafkan lalu anda mempermainkannya dengan tetap tidak memaafkan? lalu anda memamerkan hal tersebut ke semua orang begitu? iya seperti itukah? oke. jika anda mau seperti itu. apa yang akan anda dapatkan setelah anda melakukan seperti itu?
pujian dari orang-orang di sekitar anda? mungkin sebagian orang merasa anda hebat bisa melakukan seperti itu, karena mereka takut anda melakukan hal yang sama pada dirinya. jadi hanya orang-orang yang mempunyai keberanian yang menentang perlakuan anda. dan percaya satu hal . apapun yang anda lakukan sekarang cepat atau lambat anda akan mendapatkan balasannya. karena jika anda menanam anda juga akan memetik.
sampingkan gengsi anda . maafkan orang lain. sebesar apapun kesalahan yang sseorang buat selalu berusahalan memaafkan. sekarang apakah anda pernah sadar seberapa banyak dosa yang ada perbuat setiap harinya? anda sadar itu, dan apakah anda sadar apa anda pernah meminta ampun pada Tuhan? mungkin pernah, mungkin juga tidak. Tapi Tuhan selalu bisa memaafkan kita separah apapun dosa yang kita perbuat ketika kita minta ampun pada Tuhan, Tuhan akan memaafkan. Tuhan saja mau memaafkan semua umatnya. lalu kenapa kita tidak bisa memaafkan sesama? Tugas manusia adalah saling memaafkan satu sama lain. memaafkan bukan hanya di mulut tapi di hati. dan yang terpenting harus ikhlas. Jangan utamakan sebuah rasa Gengsi :)

Wassalamualaikum.

Comments

Popular Posts